10 Jajanan Traditional Yang Masih Mudah Di Temukan Hingga Sekarang

Posiesandpoms – Jajanan tradisional seperti tidak pernah tergantikan dengan banyaknya jajanan baru yang datang ke Indonesia pada jaman millenial ini. Peminat jajanan tradisional juga tidak pernah surut, selain karena rasanya yang enak juga harganya yang relatif murah. Jajanan traditional juga masih sering dijumpai dalam setiap acara perjamuan atau kenduri di setiap daerah. Disini kita akan bahas 10 aneka jajanan tradisional yang hingga saat ini masih sering di jual di pasar-pasar.

Dadar Gulung

Rasanya yang manis serta teksturnya yang lembut, menjadikannya jajanan yang pas jika dimakan ketika bersantai. Dadar Gulung sebenarnya olahan pancake yang diberi topping parutan kelapa dengan gula merah, kemudian di gulung. Umumnya warna dadar gulung adalah hijau, tapi sekarang warna nya di modif dengan warna menarik lainnya hingga warna dengan motif.

Klepon

Makanan yang satu ini sepertinya paling di favoritkan oleh banyak orang. Kenapa tidak? Ketika dimakan, rasa manis dari gula merah, lumer di dalam mulut. Klepon terbuat dari tepung beras ketan yang biasanya diberi pewarna makanan hijau. Kemudian dibentuk menjadi bulat-bulatan kecil, tetapi sebelumnya diberi potongan gula merah. Adonan ini direbus dengan air mendidih, panas yang didapat oleh adonan, membuat gula merah didalamnya mencair. Hal ini lah kenapa ketika melumat klepon didalam mulut, gula merahnya lumer di dalam mulut.

Lupis

Kue Lupis identik dengan bentuknya yang segitiga. Disajikan dengan parutan kelapa dan gula merah cair. Kue Lupis terbuat dari beras ketan yang di bentuk segitiga menggunakan cetakan dari daun pisang, sebelum itu diberi pewarna makanan hijau. Kue Lupis biasanya di jual pada pagi hari sebagai sajian sarapan. Lupis juga kadang disajikan dengan cenil berwarna merah yang kenyal.

Kue Putu Bambu

Penganan ini terbuat dari tepung yang dimasak dalam potongan bambu. Bahannya terbuat dari tepung beras yang bertekstur kasar. Di dalamnya juga diberi potongan gula merah yang akan meleleh ketika dikukus. Putu bambu berbentuk seperti tabung menyesuaikan bentuk dari bambu. Yang khas dari putu bambu adalah justru penjualnya. Bunyi uap yang keluar dari alat suitan menjadi penanda penjual putu bambu sedang lewat di depan rumah anda. Hal ini dimanfaatkan oleh para penjual putu sebagai strategi promosi.

Kue Putu Ayu

Kreatifitas makanan melahirkan kudapan manis bernama putu ayu. Tidak seperti kue putu yang bertekstur rapuh, kue putu ayu lebih padat tetapi tetap lembut. Kenapa dinamakan putu ayu, karena bentuknya seperti bunga yang cantik. Kue putu ayu lebih seperti kue bolu, tetapi dalam ukuran kecil. Di atas kue putu terdapat parutan kelapa yang dicetak bersama adonan kue putu. Kue putu ayu umumnya berwarna hijau dengan kelapa parut berwarna putih, sehingga bentuk dan warna nya jadi sangat cantik dan menarik.

Kue Apam

Kue Apem sampai sekarang masih sering ditemukan di pasar tradisional. Kue ini terbuat dari tepung beras, tepung terigu dan tapai singkong. Kemudian di letakkan pada cetakan dan di kukus. Ketika sudah masak, adonan akan mengambang dan terbelah seperti bunga yang mempunyai 3-4 kelopak. Penganan ini awalnya berasal dari imigran Tiongkok yang datang ke Nusantara pada jaman dahulu.

Kue Lapis

Seperti namanya, bentuknya seperti berlapis-lapis dengan warna-warna yang berbeda. Penganan ini terbuat dari tepung terigu, tepung kanji, santan dan gula pasir. Kue Lapis bisa dibilang terdapat di setiap wilayah di Indonesia. Biasanya jenis kue ini juga sering ditemukan pada kue tampah acara-acara tradisional Indonesia.

Onde-Onde

Onde-onde merupakan sejenis kudapan manis jajanan pasar yang cukup populer di Indonesia. Gampang ditemukan di pasar atau di pinggir jalan bersama gerobak gorengan. Onde-onde berbentuk bulat dengan taburan wijen putih di atasnya. Onde-onde yaitu makanan tradisional dari ketan dan tepung terigu yang diisi pasta kacang hijau lalu digoreng. Ukurannya juga bervariasi, dari yang cukup besar hingga kecil.

Baca Juga : Jangan Lewatkan 5 Tempat Wisata Favorit di Riau Ini

Serabi

Serabi atau surabi adalah jajanan pasar tradisional sejenis kudapan manis dadar mirip kudapan manis cucur yang terbuat dari tepung beras, santan, dan kelapa parut. Beberapa dari anda mungkin cuma tahu variasi serabi tradisional yang manis, sedangkan ternyata ada versi asinnya juga lho. Umumnya pernganan iniĀ  menjadi oleh-oleh Kota Bandung.

Nagasari

Nagasari merupakan makanan tradisional yang masuk dalam katgori kue basah. Mulanya, nagasari berasal dari Indramayu, Jawa Barat. Tetapi seiring berjalannya waktu, nagasari dapat ditemui wilayah lainnya lainnya, khususnya Pulau Jawa. Nagasari dibuat dariĀ  tepung beras dan pisang sebagai isinya. Rasanya yang manis, membuat nagasari sesuai dengan lidah orang Indonesia. Karena dibungkus dengan daun pisang atau daun pandan, nagasari mempunyai aroma yang benar-benar khas.

Itulah 10 jajanan tradisional Indonesia yang tidak akan punah ditengah munculnya jajanan modern. Semoga bermanfaat.