5 Tempat Paling Recommended Ketika Anda Ke Gorontalo

wisata gorontalo

Posiesandpoms – Provinsi Gorontalo, merupakan provinsi yang terbilang baru di Indonesia setelah pada tahun 2000 memekarkan diri dari provinsi Sulawesi Utara. Provinsi induknya yaitu Sulawesi Utara sudah terkenal sejak lama sebagai tempat wisata alam yang sudah tersohor sampai ke dunia. Lalu apakah Gorontalo tidak mempunyai wisata alam yang mempersona? Jangan salah, Gorontalo punya banyak spot wisata menakjubkan yang tidak kalah dengan Sulawsi Utara. Posiesandpoms akan meyebutkan 6 di antaranya yang paling recommended untuk anda.

  1. Wisata Pulo Cinta

Ini adalah tempat wisata yang paling hits di Gorontalo saat ini. Wisata laut ini diperbincangkan banyak orang khususnya wisatawan domestik karena keindahan tempatnya yang bagaikan mutiara di lautan. Pulau ini dikelola oleh pihak swasta dan dijadikan resort yang tidak kalah dengan kelas dunia. Di pulau dibangun belasan cottage di atas laut yang lalu terhubung dengan jalan setapak dari kayu. Jalan penghubung ini lah yang menyerupai bentuk hati. Itu lah kenapa nama pulau ini Pulo Cinta. Jika anda berada di sini, niscaya anda akan lupa segala hal yang membuat anda stress.

  1. Wisata Gunung Layang

Kota Gorontalo selain berbatasan dengan laut, juga dibatasi oleh gunung di sisi sebaliknya. Ada sebuah gunung atau bukit yang terkenal keindahannya bernama Gunung Layang. Gunung Layang berada di kelurahan Siendeng, Kecamatan Hulonthalangi, Kota Gorontalo. Ketinggiannya sekitar 700 meter di atas permukaan laut. Objek wisata ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat. Jika anda kesini, maka anda akan dapat melihat city landscape Kota Gorontalo dari ketinggian. Terlebih jika anda pergi pada malam hari, maka semarak lampu kota akan terlihat menakjubkan dari sini. Di bukit ini pula anda dapat menikmati sunset dan sunrise di satu tempat. Jika matahari terbit muncul di garis horizon lautan, maka matahari terbenam berada di lereng perbukitan.

  1. Wisata Air Terjun Hiyaliyo Da’a

Gorontalo sebagaimana daerah lainnya di Indonesia mempunyai banyak sungai dan gunung. Kombinasi antara gunung dan sungai menghasilkan air terjun di beberapa tempat di Gorontalo. Salah satunya yang paling direkomendasikan adalah Air Terjun Hiyaliyo Da’a. Air terjun setinggi 30 meter ini berada di Desa Didingga, Kecamatan Biawu, Kabupaten Gorontalo Utara. Tempat ini sangat cocok untuk adan menikmati alam yang masih asri. Karena air terjun ini masih belum banyak di explore oleh para pelancong.

  1. Wisata Religi Masjid Walima Emas

Seperti halnya Aceh, Gorontalo dikenal sebagai daerah yang kental dengan nuansa islaminya. Berbeda dengan Aceh dengan sebutan Serambi Makkah, maka Gorontalo seringkali dibilang sebagai Serambi Madinah. Di Gorontalo terdapat sebuah desa wisata religi bernama Desa Bongo. Pada suatu bukit di desa ini, dibangun masjid yang sangat indah. Dengan 4 kubah dan 1 kubah utama di tengahnya berbentuk Walima. Walima sendiri merupakan penganan khas Gorontalo ketika menyambut kelahiran Nabi Muhammad SAW. Kubah berbentuk Walima ini berwarna kuning ke emasan. Maka dari itu masjid ini dinamakan Masjid Walima Emas. Dari masjid ini anda dapat melihat keindahan laut Gorontalo yang berwarna biru cerah.

Baca Juga : 5 Tempat Spot Foto di Jakarta Yang Instagramable

  1. Wisata Pantai Dunu

Gorontalo mempunyai garis pantai yang cukup panjang. Ini membuat Gorontalo mempunyai banyak pantai indah. Salah satunya adalah Pantau Dunu yang berada di Kabupaten Gorontalo Utara. Pantai Dunu merupakan salah satu kekayaan alam yang wajib di syukuri oleh masyarakay sekitar. Karena pantai ini dapat menghidupkan perekonomian warga sekitar. Bagaimana tidak, orang-orang dari berbagai penjuru Gorontalo dan Sulawesi Utara rela menempuh jarak jauh untuk menikmati keindahan pantai ini. Pantainya yang landai berwarna kuning keemasan, dan juga ombaknya yang bersahabat menjadikan pantai ini tempat yang cocok untuk berenang.

  1. Wisata Danau Limboto

Wisata alam memang menjadi daya tarik wisata di Indonesia, termasuk provinsi Gorontalo. Gorontalo mempunyai wisata alam yang komplit, salah satunya danau Limboto. Danau ini merupakan muara dari berbagai macam sungai di Sulawesi, seperti Sungai Molalahu, Sungai Bionga, Sungai Bone Bolango, Sungai Daaena, dan Sungai Alo. Luas sungai ini terbilang cukup luas yaitu sekitar 3000 meter persegi. Dari luasnya itu lah pesona danau ini menjadi lebih memukau. Jika anda datang pada bulan September, maka anda dapat menyaksikan sebuah festival tahunan bernama Festival Danau Limboto. Festival yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2017 ini menampilkan hiburan seni dan budaya Gorontalo. Aneka kuliner dan juga oleh-oleh khas Gorontalo.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai tempat-tempat wisata di Gorontalo paling recommended menurut posiesandpoms. Pesona Gorontalo memang membuat anda rindu akan kekayaan alam dan keramahan penduduknya. Terlebih untuk orang asli Gorontalo yang sudah lama merantau ke daerah lain. Apabila anda orang Gorontalo yang sudah lama tinggal di Jakarta dan berniat untuk pindah ke kampung halaman anda, gunakanlah jasa pengiriman barang dari Jakarta ke Gorontalo yang terbaik. Agar barang pindahan anda aman dan selamat sampai di tempat tujuan.  Semoga artikel ini bermanfaat.