6 Bahan Makanan Yang Awet Disimpan Untuk Masa Lockdown

Posiesandpoms – Virus Corona atau Covid-19 memang menjadi perhatian masyarakat Indonesia maupun seluruh dunia. Virus yang berasal dari Kota Wuhan Tiongkok ini sudah menyebar ke hampir 200 negara di seluruh dunia dan membunuh lebih dari 10 ribu orang.

Dengan kejadian ini, beberapa negara memberlakukan kebijakan isolasi mandiri atau lockdown untuk warganya. Tetapi untuk Indonesia, pemerintah belum menetapkan lockdown untuk Jakarta. Karena pilihan lockdown adalah pilihan yang cukup serius untuk di putuskan dengan berbagai macam pertimbangan.

Status lockdown ini biasanya berdampak kepada kepanikan masyarakat dan membeli bahan-bahan kebutuhan untuk isolasi atau istilahnya panic buying. Panic Buying membuat sebagian orang tanpa pikir panjang membeli makanan atau barang-barang yang terkadang tidak diperlukan, atau jenis makanan yang tidak bertahan lama. Oleh sebab itu, perlu di ketahui jenis bahan makanan apa saja yang sesuai diperisapkan untuk antisipasi isolasi diri atau lockdown agar tidak terjadi panic buying.

1. Beras Merah

Untuk kebanyakan orang Indonesia, nasi sudah menjadi makanan pokok yang wajib dimakan pada jam makan apapun. Baik itu sarapan, makan siang maupun makan malam. Selain itu nasi merupakan makanan yang cepat membuat kenyang dan memenuhi kebutuhan karbohidrat manusia. Tetapi untuk situasi seperti isolasi diri, nasi merah dari beras merah lebih disarankan untuk dipersiapkan. Karena beras merah mengandung karbohidrat simpleks yang membuat kenyang lebih lama. Lalu beras merah lebih tahan lama jika disimpan dibandingkan beras putih.

2. Telur

Telur merupakan bahan makanan yang dapat di olah menjadi banyak macam olahan masakan. Harganya yang tidak terlalu mahal juga menjadikan telur sebagai bahan makanan yang di favoritkan banyak orang. Jika pemerintah terpaksa memberlakukan lockdown untuk Indonesia, telur bisa menjadi salah satu daftar makanan yang wajib anda persiapkan. Telur mentah atau telur matang bisa tahan lama jika disimpan di dalam kulkas. Jika ingin lebih tahan lama lagi, anda bisa pecahkan telur tersebut kemudian simpan dalam wadah yang memungkinkan untuk menampung telur. Lalu simpan di dalam freezer hingga beku. Jika seperti itu, telur bisa lebih tahan hingga berbulan-bulan.

3. Daging

Untuk memenuhi kebutuhan protein dan vitamin B kompleks, daging harus masuk ke dalam daftar bahan makanan anda untuk isolasi diri. Beli lah daging segar, cuci dan kemudian bungkus dengan plastik wrap. Setelah itu simpan daging di dalam freezer hingga minus 20. Daging dalam keadaan beku bisa bertahan hingga berbulan-bulan. Jika daging ayam bisa bertahan dalam freezer 3 sampai 4 bulan, maka daging merah seperti daging sapi atau kambing mampu bertahan hingga setengah tahun di dalam freezer.

4. Kubis

Sayuran juga tak boleh terlupakan untuk masuk kedalam daftar bahan makanan anda sebelum isolasi diri. Apalagi untuk anda yang seorang vegetarian, maka sayuran yang cocok untuk dipersiapkan ketika mengisolasi diri adalah kubis atau kol. Selain kubis mampu bertahan lama jika disimpan di dalam kulkas, kubis atau kol juga bisa di olah menjadi berbagai macam olahan masakan. Kubis bisa bertahan hingga 2 bulan jika anda menyimpannya di dalam plastik wrap dan disimpan dalam lemari pendingin.

Baca Juga : Traveling Dengan Bayi di Gendongan? Ayok aja !

5. Apel

Selain sayuran untuk kebutuhan serat anda, buah-buahan juga bisa menjadi opsi bahan makanan yang harus ada di daftar bahan makanan untuk isolasi diri. Karena buah-buahan merupakan sumber utama vitamin C yang dapat membantu menjaga imunitas tubuh. Buah apel seperti menjadi daftar buah yang paling cocok untuk dipersiapkan dalam masa isolasi. Pasalnya buah apel jika disimpan di dalam lemari pendingin, dapat bertahan hingga 1 bulan. Selain itu, bungkuslah apel yang akan disimpan di lemari pendingin dengan plasti wrap dan pisahkan letaknya dengan sayuran. Selain makanlah apel yang lebih besar terlebih dahulu daripada yang berukuran kecil, karena apel besar lebih cepat membusuk daripada yang kecil.

6. Makanan Kaleng

Bahan makanan yang di olah di dalam kaleng tentunya menjadi bahan makanan yang sangat cocok untuk persiapan isolasi diri. Makanan yang disimpan di dalam kaleng kemasan akan lebih tahan lama jika dibandingkan diluar kaleng. Bahkan ketahanannya bisa bertahun-tahun. Olahan makanan kaleng seperti sarden kaleng atau kornet sangat cocok untuk dipersiapkan sebelum masa isolasi diri. Cara mengolahnya pun juga sangat gampang, oleh sebab itu banyak yang memilih makanan kaleng sebagai bahan makanan untuk bertahan hidup.

Itu lah dia 6 bahan makanan yang wajib ada di daftar belanjaan anda untuk persiapan isolasi diri dari serangan virus seperti corona atau Covid-19. Janganlah sampai virus ini membuat anda khilaf dan melakukan panic buying sehingga membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan atau tidak tahan lama. Dan anda juga harus pikirkan, bahwa yang memerlukan bahan makanan itu bukan hanya anda, tetapi juga banyak orang saudara-saudara kita sesama manusia. Jadi beli lah kebutuhan untuk isolasi diri secukupnya. Semoga kita semua dilindungi oleh Tuhan.