Heboh Virus Corona, Ketahui Tips Berwisata Yang Aman ke Luar Negeri

Dalam beberapa minggu kebelakang ini, masyarakat dunia seakan di hebohkan dengan sebuah virus mematikan yang sampai saat ini belum ditemukan penawarnya. Menurut data WHO, jumlah kasus kematian akibat virus adalah 107 kasus, sementara jumlah orang yang terjangkit virus corona mencapai 4000 orang lebih. Jumlah itu diperkirakan semakin bertambah mengingat vaksin untuk mencegah penyebaran virus ini belum ditemukan hingga saat ini.

Kota Wuhan di Provinsi Hubei tempat dimana virus ini pertama kali muncul kini sudah di isolasi oleh pemerintah setempat. Tetapi hal itu tidak bisa membendung penyebaran virus mematikan ini. Hingga sampai saat ini, penyebaran virus corona tidak hanya sampai dataran China saja, tetapi hingga ke berbagai belahan negara dunia. Data sementara jumlah negara yang telah melaporkan kasus infeksi corona di negara nya adalah China, Amerika Serikat, Singapura, Korea Selatan, Thailand, Vietnam, Malaysia, Jepang, Australia, Kanada dan beberapa negara di Eropa.

Dengan keadaan ini tentu bukan waktu yang tepat untuk anda bepergian ke luar negri dulu. Tetapi jika anda sudah terlanjur merencanakan perjalanan wisata, dan tetap ngotot ingin pergi maka ketahui dulu tips-tips berikut ini agar perjalanan wisata anda aman dari virus.

Apa saja tips yang memungkinkan untuk anda agar aman ketika liburan ke luar negri? Simak artikel ini sampai habis.

Gunakan Masker

Pemakaian masker untuk mencegah terjangkit virus adalah suatu hal yang biasa di lakukan oleh orang. Memakai masker tidak akan merusak suasana liburan anda. Tetapi memakai masker tentu tidak dapat benar-benar melindungi anda dari virus, tetapi setidaknya pakailah masker N-95 yang berbahan tebal dan mampu menahan 95% partikel dari luar.

Pakai Sarung Tangan

Penyebaran virus tidak hanya terjadi lewat udara, tetapi dapat juga dari sentuhan. Selain itu penyebaran virus bisa disebarkan lewat kuman dan bakteri yang menempel di fasilitas umum. Oleh sebab itu memakai sarung tangan dapat meminimalisir anda terjangkit virus dari kuman dan bakteri yang ada pada fasilitas umum seperti pegangan bus, gagang pintu dan lain-lain.

Baca Juga : Pemandian Air Panas Yang Dekat Dari Jakarta 

Cuci Tangan Pakai Sabun Cair

Ada baiknya sebelum anda memasukkan sesuatu ke dalam mulut, cuci lah tangan sebelumnya. Tetapi cuci tangan dengan air saja tidak cukup untuk mengurangi resiko tertular virus, tetapi mengaplikasikan sabun cair ke tangan anda pada saat cuci tangan terbukti lebih di anjurkan oleh CDC yaitu Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat. Lalu bagaimana dengan sabun batang? Cuci tangan dengan sabun batang di takutkan tidak terlalu aman dibandingkan sabun cair. Sebab bakteri atau kuman penyebab penyakit bisa saja bersemayam di sabun batang yang dipakai oleh orang lain selain anda.

Tips Dari CDC Untuk Para Wisatawan

Virus Corona pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, Provinsi Hubei China. Hingga sekarang penyebaran virus tersebut sudah sampai ke seluruh wilayah dataran China. Untuk itu CDC menghimbau agar para wisatawan membatalkan perjalanan wisata nya ke negara China. Hal ini demi mengurangi penyebaran virus corona. Sebaliknya jika perjalana wisata anda ke negara lain, maka CDC punya tips untuk anda.

  1. Hindari kontak dengan orang yang sedang sakit
  2. Hindari lah pasar hewan, ataupun kebun binatang
  3. Sering mencuci tangan dengan sabun cair selama 20 detik. Jika tidak ada, gunakan pembersih tangan yang berbahan dasar alkohol
  4. Tutupi mulut dan hidung anda dengan tisu atau lengan baju(bukan dengan tangan) saat bersin atau batuk.
  5. Tidak bepergian keluar rumah saat sakit
  6. Demikianlah tips-tips yang mungkin bermanfaat untuk anda yang sedang merencanakan liburan keluar negeri. Semoga dengan tips ini anda dapat terhindar dari resiko terkena virus atau penyakit lainnya. Have a nice trip, and stay safe !