Jangan Lewatkan 5 Tempat Wisata Favorit di Riau Ini

Posiesandpoms – Halo travellers, kali ini posiesandpoms akan membahas 5 tempat wisata favorit di provinsi melayu Riau. Indonesia itu terdiri dari berbagai macam daerah. Dan setiap daerah itu menyimpan kekayaan alam yang bermacam ragam. Termasuk provinsi Riau yang merupakan provinsi kedua terkaya di Indonesia. Riau disebut sebagai daerah yang kaya akan minyak. Karena provinsi Riau di kelilingi oleh minyak di atas dan bawah tanahnya, maksudnya adalah di bawah tanah Riau terdapat sumber minyak bumi, sementara di atas tanah Riau banyak terdapat kelapa sawit, yaitu sumber minyak CPO. Selain kaya akan sumber daya alamnya, Riau ternyata juga memiliki potensi wisata yang tak kalah dari daerah wisata lainnya seperti Sumatera Barat dan Sumatera Utara.

Bagi anda yang bingung ingin mengisi liburan kemana? Sepertinya berwisata ke daerah Riau dapat menjadi salah satu opsi pilihan anda. Simaklah 5 tempat wisata favorit di Riau ini

Istana Siak

Tempat pertama yang wajib anda datangi jika berkunjung ke Riau adalah Istana Siak. Istana yang berada di Kabupaten Siak, Provinsi Riau ini menjadi salah satu destinasi liburan favorit di kota berjuluk Kota Sang Surya Timur. Banyaknya peninggalan pada masa Kerajaan Siak tempo dulu menjadi magnet utama di objek wisata kebudayaan dan sejarah ini.

Yang menarik dari istana ini adalah arsitekturnya yang terdiri beberapa corak budaya. Misalnya Melayu, Arab dan Eropa. Anda dapat berswafoto dengan latar belakang istana siak yang klasik. Di dalam istana ini juga tidak kalah menarik, yaitu barang-barang antik peninggalan jaman kolonial belanda. Jika masuk ke dalam istana ini anda seperti dibawa ke masa lalu. Jika ingin masuk ke dalam istana ini, pengunjung hanya akan dikenakan biaya Rp. 6000/orang.

Danau Buatan PLTU Koto Panjang

Salah satu tempat menarik yang layak jadi tujuan wisata di provinsi Riau, yaitu kawasan Danau Buatan PLTA Koto Panjang, Kampar Riau. Daerah ini dibangun pada tahun 1993 atas kerjasama Indonesia dan Jepang. Sebanyak 9 desa ditenggelamkan dengan terlebih dahulu merelokasi warga setempat ke daerah sekitar. Lokasi danau ini sangat mudah dijangkau, karena merupakan akses utama menuju Provinsi Sumatera Barat. Menuju ke kawasan ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari Pekanbaru. Yang unik dari danau ini adalah onggokan-onggokan kayu yang muncul ke permukaan danau. Pohon-pohon mati itu berasal dari pohon lama yang ditenggelamkan.

Candi Muara Takus

Kawasan ini adalah satu-satunya situs candi budha yang ada di Riau. Candi Muara Takus merupakan situs candi tertua di Sumatera yang bersifat Buddhis dan arsitektur candi yang diciptakan dari batu pasir, batu sungai dan batu-bata ini juga memiliki kemiripan dengan candi-candi yang berada di Myanmar. Untuk menuju kesini membutuhkan waktu sekitar 4 jam dari Kota Pekanbaru menuju arah Bukittinggi. Disini anda bisa mengenal kebudayaan zaman kerajaan.

Surving Di Sungai Kampar

Anda pasti tidak menyangka bahwa di sungai anda bisa berselancar layaknya di lautan yang luas. Di daerah Teluk Meranti, Sungai Kampar, Kabupaten Palalawan, Riau, terdapat fenomena alam yang bikin penasaran traveler dan peselancar dunia. Namanya yaitu Gelombang Bono yang dapat digunakan untuk berselancar. Walaupun di sungai, tetapi ketinggian ombak di sini bisa mencapai 4 sampai 6 meter dengan panjang gelombang 300 meter. Bahkan kecepatan hingga 30 kilometer perjam. Hal ini dapat terjadi karena Gelombang Bono tercipta dari pertemuan arus sungai dan arus laut. Ditambah dengan angin dan tebing di kanan kirinya. Bagi anda yang hobi dengan yang satu ini wajib mencoba sensasi berselancar di sungai.

Baca Juga : Heboh Virus Corona, Ketahui Tips Berwisata Yang Aman ke Luar Negeri

Air Terjun Lubuk Bigau

Berwisata ke air terjun juga menjadi salah satu alternatif yang seru untuk dilakukan. Provinsi Riau walaupun daerahnya hampir kebanyakan terdiri dari dataran rendah, tetapi Riau juga punya wisata air terjun. Wisata Air Terjun Lubuk Bigau namanya. Tingginya mencapai 130 meter.

Itulah 5 tempat wisata yang sangat difavoritkan jika berkunjung ke Pekanbaru, Riau. Provinsi Riau memang bukan daerah tujuan wisata favorit, itu karena Riau lebih dikenal dengan daerah investasi. Banyak perusahaan-perusahaan besar yang membuka cabangnya disini. Biasanya perusahaan seperti itu memiliki kantor pusat di Jakarta. Untuk mensuplai kebutuhan logistik mereka dari kantor pusat ke kantor cabang di Pekanbaru, mereka biasanya memakai jasa pengiriman barang dari Jakarta ke Pekanbaru. Agar pendistribusian kebutuhan logistik perusahaan menjadi lancar. Maka dari itu dibutuhkan jasa ekspedisi yang berkualitas dan dengan harga terjangkau pula. Seiring dengan berkembangnya industri di provinsi Riau, pemerintah setempat juga terus menggalakkan daerahnya menjadi destinasi wisata.