Merayakan Malam Pergantian Tahun Di Bukittinggi

merayakan tahun baru di Bukittinggi

Posiesandpoms – Kota Bukittinggi di Sumatera Barat setiap tahunnya menjadi magnet bagi sebagian orang yang ingin merayakan tahun baru. Pengunjung dari berbagai daerah memadati kota wisata ini setiap malam pergantian tahun. Mulai dari Padang, Riau, Medan, Jambi bahkan dari luar pulau sekalipun seperti Jakarta. Pasalnya Bukittinggi mempunyai bangunan iconic berbentuk menara jam yang sudah terkenal sejak dulu bernama Jam Gadang(Jam Besar). Maka dari itu masyarakat menganggap menghabiskan malam akhir tahun paling pas berada di sekitar Jam Gadang yang mempunyai jam besar di bagian puncak nya tersebut. Tapi alangkah baiknya pada tanggal 31 Desember, anda ke Bukittinggi pada saat pagi hari.  Karena sembari menunggu perayaan malam tahun baru, anda bisa menikmati berbagai macam wisata yang terdapat di Bukittinggi. Apa sajakah tujuan wisata populer di Bukittinggi yang patut di datangi sebelum menyaksikan perayaan malam tahun baru pada malam harinya?

Jam Gadang

Bangunan yang sudah menjadi landmark bagi Kota Bukittinggi ini merupakan tempat yang wajib di kunjungi bagi wisatawan. Bahkan banyak yang menganggap jika belum ke Jam Gadang itu berarti belum sah menginjkkan kaki di Bukittingi. Kawasan taman Jam Gadang memikiki fasilitas yang memadai untuk wisatawan seperti bangku taman, toilet, musholla, dan lain-lain. Di kawasan ini juga baru selesai dibangun air mancur menari yang semakin menjadi daya tarik wisatawan. Jadi jika anda ke sini pada saat hari terakhir tahun, cobalah merasakan suasana siang dulu di kawasan ini sebelum nanti malamnya menyaksikan perayaan pergantian tahun.

Taman Margasatwa Kinantan

Kebun binatang ini terletak tak jauh dari Jam Gadang. Anda bisa berjalan kaki ke lokasi ini dari Jam Gadang. Kebun binatang ini memiliki koleksi hewan yang cukup beragam mulai dari hewan karnivora, reptil, unggas, hewan buas dan banyak lagi lainnya. Anda bisa mengajak anak-anak anda untuk mengenalkan berbagai jenis hewan di kebun binatang ini. Tak lupa di kawasan ini juga terdapat sebuah bangunan traditional Sumateras Barat yaitu Rumah Gadang yang bisa dimasuki oleh pengunjung. Di dalam nya banyak terdapat peralatan-peralatan traditional Minangkabau beserta pakaian adat dari seluruh daerah di Sumatera Barat. Jadi anda dapat belajar tentang kebudayaan Minangkabau di dalam rumah adat ini. Anda bisa coba berfoto dengan memakai pakaian traditional ini karena memang itu adalah salah satu fasilitas yang ditawarkan kepada pengunjung.

Taman Panorama Ngarai Sianok

Ngarai atau lembah yang berada di Bukittinggi ini mempunyai keunikannya tersendiri. Karena letaknya yang berada di tengah kota Bukittinggi. Untuk menyaksikan keindahan ngarai yang pernah dicetak di mata uang Indonesia ini, anda bisa mengunjungi Taman Panorama Ngarai Sianok. Dari sini anda bisa merasakan bentangan ngarai yang sangat memukau. Cuaca sejuk langsung menyapu kulit anda ketika sampai di taman ini. Suasana nya juga sangat asri dengan pohon-pohon besar yang rindang. Tempat ini merupakan tempat yang pas untuk anda yang mencari keheningan. Disini juga terdapat kera-kera liar yang jinak kepada manusia. Anda bisa coba memberi makan mereka kacang tanah yang diletakkan di tangan anda.

Baca Juga : Titik Perayaan Tahun Baru 2020 Di Jakarta

Lobang Jepang

Masih di kawasan sekitar taman panorama, disini terdapat sebuah peninggalan jepang berupa lubang atau terowongan bawah tanah. Masyarakat sekitar menyebutnya Lubang Jepang. Lubang Jepang ini dibangun oleh tentara Jepang pada masa penjajahan sebagai tempat persembunyian dan pengintaian. Lubang yang dibangun dengan sistem romusa ini masih terjaga hingga sekarang. Bahkan terowongan ini menjadi salah spot wisata yang ada di Bukittinggi, dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Total panjang terowongan ini adalah 1400 m. Dengan total panjang terowongan itu, bisa dikatakan bahwa sebagian wilayah Kota Bukittinggi berada di atas terowongan-terowongan tersebut. Anda yang ingin berkunjung ke lubang jepang ini akan di pandu oleh pemandu yang akan menceritakan tentang anda segala macam sejarah dari lubang jepang tersebut.

Pasar Ateh Bukittinggi

Setelah puas mengelilingi spot wisata di Bukittinggi yang letaknya satu sama lainnya berdekatan, sekarang saatnya menghabiskan uang untuk wisata belanja. Bukittinggi selain terkenal dengan tempat wisata nya juga terkenal sebagai surga belanja. Pasalnya Bukittinggi menjadi tempat barang grosir bagi banyak daerah di Indonesia seperti Medan, Pekanbaru, Padang, dan lain-lain. Satu tempat yang perlu anda kunjungi adalah Pasar Ateh Bukittinggi. Letaknya sangat strategis yaitu tepat berada di samping taman Jam Gadang. Tetapi saat ini bangunan pasar tersebut sedang dibangun ulang karena sempat terbakar pada tahun 2017 lalu. Para pedagang di relokasi tidak jauh dari tempat itu. Berbagai macam pakaian dan barang-barang kualitas impor dapat anda temui di pasar ini. Harga nya terbilang murah dan masih bisa di tawar tergantung seberapa pintar anda menawar.

Nah, setelah anda mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di Bukittinggi tersebut, tunggu lah dikawasan Jam Gadang pada detik-detik pergantian tahun. Ratusan kembang api dihidupkan serentak oleh para pengunjung di sekitaran Jam Gadang saat Jam Gadang berbunyi tepat di angka 12 malam. Kemeriahan semakin terasa dengan suara terompet yang bersautan dengan suara kembang api.